Senin, 19 November 2018

TITIK TERENDAH

Selasa, 20/11/18



Setiap manusia pasti mengalami masa berada di titik terendahnya masing-masing. Menginjak usia dewasa pasti kita akan dihadapkan dengan berbagai problematika kehidupan. Kadang itu masalah remeh temeh, hingga puncaknya masalah itu menjadi blunder yang menguras tenaga dan pikiran. Sedih, nangis, menyalahkan diri sendiri dan orang lain kerap menjadi pelampiasan kita ketika masalah itu tak kunjung menemukan titik terang. Ah, begitulah tabiat manusia, termasuk diri saya pribadi.

Kita pasti mengenal orang-orang yang sukses di luar sana, bahkan sampai ada yang dijuluki orang terkaya di dunia, lalu pertanyaannya apakah mereka tidak mengalami titik terendah dalam hidupnya? Jawabannya pasti pernah. Sebut saja JK Rowling, penulis paling kaya atas karya fenomenal Harry Potter tersebut pernah mengalami fase terendah dalam hidupnya. Apakah dia lantas menyalahkan keadaan dan nasib hidupnya? Tidak, dia bangkit dan berjuang walau dengan tertatih serta air mata yang dikorbankan. Dari sedikit gambaran hidup JK Rowling tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa setiap manusia yang masih bernyawa pasti pernah mengalami perputaran roda dalam kehidupannya.

Demi Masa
(Raihan)
Demi masa sesungguhnya manusia kerugian
Melainkan yang beriman dan beramal sholeh
Demi masa sesungguhnya manusia kerugian
Melainkan nasehat kepada kebenaran dan kesabaran
Gunakan kesempatan yang masih diberi moga kita takkan menyesal
Masa usia kita jangan disiakan kerna ia takkan kembali
Ingat lima perkara sebelum lima perkara
Sihat sebelum sakit
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Lapang sebelum sempit
Hidup sebelum mati
Demi masa sesungguhnya manusia kerugian
Melainkan yang beriman dan beramal sholeh
Gunakan kesempatan yang masih diberi moga kita takkan menyesal
Masa usia kita jangan disiakan kerna ia takkan kembali
Ingat lima perkara sebelum lima perkara
Sihat sebelum sakit
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Lapang sebelum sempit
Hidup sebelum mati
Muda

Lagu Raihan-Demi Masa tersebut mengingatkan saya bahwa waktulah yang membuat orang belajar memaknai proses dalam kehidupannya. Saat sakit, kita menyadari bahwa sehat itu mahal, saat sehat kita bisa melakukan aktivitas dengan lancar tak terkendala kodisi tubuh. Muda foya-foya, tua mati masuk surga, siapa yang tak mau kehidupan seperti itu. Pertanyaannya apakah kita bisa menjamin umur kita panjang sampai tua? Kaya sebelum miskin, inilah titik terendah yang menjadi jarak dalam hidup bersosial, yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Namun, ada kalanya roda berputar yang kaya sama rata dengan si miskin. Refleksi untuk diri ini pribadi adalah saat terjadi bencana alam, kita melihat tak ada yang namanya 'kamu si kaya' dan 'kamu si miskin' melainkan membaur menjadi satu bernama manusia. Lapang sebelum sempit, saat lapang, segala sesuatunya dipermudah, terkadang kita lupa buat berbagi dengan sesamanya, sibuk membesarkan perut sendiri. Namun, saat sempit tiba semua terlihat gelap dan menyalahkan lainnya. Semoga kita bukan manusia seperti itu, saat lapang berbagi, saat sempit tetap berjuang. Terakhir hidup sebelum mati, semoga hidup kita menjadi hidup yang mampu menebar manfaat buat sesama, kelak jika jasad sudah tertimbun tanah, ruh kembali kepadaNya dengan sebaik-baik hambaNya.

Seperti awal tadi saya tak akan menulis tentang motivasi bagaimana menghadapi titik terendah. Namun, saya ingin merefleksi diri bahwa setiap manusia punya bagian masing-masing fase kehidupannya, kadang di atas penuh kemudahan dan kenikmatan, kadang pula harus berdarah-darah, menangis, bangkit dan berjuang saat roda itu berputar ke bawah. Bersyukur saat di atas, bersabar saat diuji. Jangan menyerah buat kalian yang kini sedang berada di titik terendah kehidupan, ingat kalian tidak sendirian, di belahan bumi lain banyak manusia yang diuji lebih berat dari kalian. Bersabarlah, karena buah dari sabar adalah nikmat dariNya. Ingat ini, saat kita berada di titik terendah, hanya ada satu jalan buat kalian yaitu naik ke titik tertinggi kehidupan kalian. Semangat bahwa hari ini , esok dan seterusnya adalah fase terbaik dalam hidup kita.^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar